EVALUASI KINERJA SISTEM SIMPAN DAN TEMU KEMBALI INFORMASI - Dasar-Dasar Organisasi dan Informasi - Fathur Rahman

Hot

Post Top Ad

Your Ad Spot

Tuesday, January 8, 2019

EVALUASI KINERJA SISTEM SIMPAN DAN TEMU KEMBALI INFORMASI

A.    Pengertian
Sistem temu kembali informasi berasal dari kata Information Retrieval System (IRS). Temu kembali informasi adalah sebuah media layanan bagi pengguna untuk memperoleh informasi atau sumber informasi yang dibutuhkan oleh pengguna. Sistem temu kembali informasi merupakan sistem informasi yang berfungsi untuk menemukan informasi yang relevan dengan kebutuhan pemakai.
Pengertian sistem temu kembali informasi menurut Sulistyo-Basuki (1992: 132) sistem temu kembali informasi adalah kegiatan yang bertujuan untuk menyediakan dan memasok informasi bagi pemakai sebagai jawaban atas permintaan atau berdasarkan kebutuhan pemakai.

B.    Tujuan dan Fungsi System Simpan dan Temu Kembali Informasi
1.     Tujuan
Tujuan utama sistem temu kembali informasi adalah untuk menemukan dokumen yang sesuai dengan kebutuhan informasi pengguna secara efektif dan efisien, sehingga dapat memberikan kepuasan baginya, dan sasaran akhir dari sistem temu kembali informasi adalah kepuasan pemakai. Sistem temu kembali informasi bertujuan untuk mempertemukan ide yang dikemukakan oleh penulis dalam dokumen dengan kebutuhan informasi pengguna yang dinyatakan dalam bentuk pertanyaan (query).
2.     Fungsi
a.      Mengidentifikasi sumber informasi yang relevan dengan minat masyarakat pengguna yang ditargetkan
b.     Menganalisis isi sumber informasi (dokumen)
c.      Merepresentasikan isi sumber informasi dengan cara tertentu yang memungkinkan untuk dipertemukan dengan pertanyaan pengguna.
d.     Menemu-kembalikan informasi yg relevan





C.    Konsep Dasar Sistem Temu Kembali Informasi
1.     System temu kembali informasi (information retrieval systems – IRS)
Merupakan system yang berfungsi untuk menemukan informasi yang relevan dengan kebutuhan pemakai. Salah satu hal yang perlu diingt adalah bahwa informasi yang diproses terkandung dalam sebuah dokumen yang bersifat tekstual.
2.     System manajemen basis data (database management systems – DBMS)
Merupakan system yang didesain untuk memanipulasi dan mengurus basis data. Data yang tersimpan dalam basis data dinyatakan dalam bentuk unsur-unsur data yang spesifik dan tersimpan dalam table-tabel.
3.     System informasi manajemen (management information systems – MIS)
Adalah system yang didesain untuk kebutuhan manajemen untuk mendukung fungsi-fungsi dan aktivitas manajemen pada suatu organisasi. Data dan fungsi-fungsi operasi disesuaikan dengan kebutuhan manajemen.
4.     System pendukung keputusan (decision support system – DSS)
Menggambarkan operasi-operasi spesifik dalam satuan-satuan informasi yang homogen.
5.     System kecerdasan buatan (artificial intelligent systems)
Memberikan perbandingan antara sistemtemu kembali informasi, system manajemen basis data dan artificial intelligent seperti yang dikemukakan oleh Farkes dan Baeza-Yates (1992).

D.    Komponen System Temu Kembali Informasi
1.     User
2.     Query
3.     Dokumen
4.     Index
5.     Machine Function

E.    Prinsip System Temu Kembali pada Perpustakaan
1.     Pemilihan dokumen
  1. Analisis konsep dokumen
  2. Pengorganisasian sbg wakil dokumen
  3. Penyimpanan dokumen
  4. Analisis konsep berdasarkan pertanyaan
  5. Penyesuaian dokumen berdasarkan pertanyaan
  6. Penyerahan dokumen

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot